Sah, 10 November Nanti Raden Mattaher Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Gebraknews.co.id, Jakarta – Pahlawan asal Jambi, yakni Raden Mattaher akhirnya masuk sebagai salah satu dari enam tokoh yang bakal dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah. Rencananya, nama-nama pahlawan nasional itu akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 10 November mendatang, bertepatan dengan peringatan hari pahlawan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Peter Batubara dalam konferensi pers di youtube Kemensos, Jum’at (6/11/2020).

Bacaan Lainnya

“Calon penerima gelar pahlawan nasional akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden di Istana Negara pada tanggal 10 November, setelah acara upacara ziarah nasional,” kata Juliari.

Sebelumnya, pengangkatan Raden Mattaher sebagai pahlawan nasional amat getol diperjuangkan oleh ahli waris yang didampingi oleh pengacara Noveldi Putra Pratama.  Hal ini juga tidak terlepas dari peran Pemerintah, akademi dan masyarakat Jambi.

Noveldi Putra Pratama, SH.,CLA yang dihubungi gebraknews.co.id menyampaikan rasa syukurnya mendengar kabar tersebut.

“Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah. Akhirnya tokoh kita Raden Mattaher diangkat sebagai pahlawan nasional.  Terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan dan melirik tokoh masyarakat Jambi sebagai pahlawan nasional, tentunya ini dengan penilaian yang matang. Terimakasih juga kepada pemerintah Kota Jambi dan Provinsi Jambi serta semua pihak yang telah memperjuangkan,” tuturnya.

Dari rilis Kemensos, selain Raden Mattaher, lima nama lainnya yang rencananya akan dianugerahi gelar pahlawan nasional adalah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Mahcmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat,
Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama dari domisili DKI Jakarta, kemudian Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sutan Mohammad Amin Nasution yang berasal dari Sumatra Utara.

(Ifan)

Pos terkait