Sah, KPU Kabupaten Labuhanbatu Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Terpilih

Gebraknews.co.id, Labuhanbatu – Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), di Ballroom Hotel Permata Land Rantauprapat, Minggu (1/8/2021), telah menetapkan dr H Erik Adtrada Ritonga MKM dan Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM sebagai pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020.

Penetapan Paslon Bupati dan Wabup terpilih dalam Pilkada Tahun 2020 itu dilaksanakan KPU Labuhanbatu, pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021, sebagai tindak lanjut ketentuan Pasal 54 ayat (7) Peraturan KPU nomor 9 tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU nomor 19 tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu, Wahyudi SSos MM, mengatakan, melalui rapat pleno terbuka, pihaknya menetapkan Paslon Bupati dan Wabup Labuhanbatu nomor urut 02, dr H Erik Adtrada Ritonga MKM dan Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM, sebagai Bupati dan Wabup terpilih dalam Pilkada tahun 2020, dengan perolehan suara sebanyak 88.381 atau 37,24 %.

“Penetapan Paslon Bupati dan Wabup terpilih dalam Pilkada Kabupaten Labuhanbatu tahun 2020 pasca putusan MK nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021, tertuang dalam berita acara KPU Kabupaten Labuhanbatu, nomor 227/PL.03.7-BA/1210/KPU-Kab/VIII/2021,” kata Wahyudi.

Usai rapat pleno terbuka KPU Labuhanbatu tersebut, Bupati terpilih, dr H Erik Adtrada Ritonga didampingi Hj Ellya Rosa Siregar, dalam pidato sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergandeng tangan membenahi dan membangun Labuhanbatu, serta menghapus semua ‘gesekan’ yang pernah terjadi sebelumnya saat Pilkada berlangsung.

“Sebagai warga Labuhanbatu, dengan adanya Pilkada tentulah menimbulkan gesekan-gesekan. Saat ini Pilkada Labuhanbatu telah usai dan berlalu. Kami berharap tidak ada lagi gesekan di antara sesama kita warga Labuhanbatu. Inilah saatnya kita bersama-sama bergandengan tangan memperbaiki dan membenahi daerah kita Labuhanbatu tercinta ini,” ucap dr H Erik Adtrada Ritonga.

Dalam kesempatan itu, Bupati dan Wabup Labuhanbatu terpilih tersebut juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak TNI – Polri, sebab telah berhasil menciptakan suasana kondusif sejak awal tahapan pelaksanaan Pilkada hingga penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Selain para pengurus partai politik (Parpol), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan tamu undangan lainnya, rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Labuhanbatu dalam hal penetapan Paslon Bupati dan Wabup terpilih pasca putusan MK nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021 tersebut juga dihadiri unsur pimpinan daerah (Uspida) setempat, di antaranya adalah Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab), Ir H Muhammad Yusuf Siagian, Ketua DPRD, Hj Meika Riyanti Siregar SH, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, dan yang mewakili Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0209/LB, Kapten Inf Martin Tarigan. (Dhedi)

Pos terkait