Satu Minggu KM Sumber Cahaya Hilang Kontak Akirnya Ditemukan Dengan Selamat

Natuna (Gebraknews)p-Kapal kayu KM Sumber Cahaya, 6 GT yang membawa 10 ekor sapi dan 5 POB yang sempat hilang kontak sejak tanggal 9 Juli lalu akhirnya ditemukan dengan kondisi selamat.
Berawal dari informasi nelayan setempat, Rabu (15/7/2020) pagi, Kapal kayu KM. Sumber Cahaya ditemukan 21 Mil dari pulau Timau, perairan pulau Midai.
Tim SAR gabungan yang meliputi KPP SAR Natuna, TNI POLRI, Dinas perhubungan, DPRD Natuna dan beberapa instansi terkait, langsung melakukan respon cepat dengan segera menuju ke titik lokasi yaitu pulau timau di perairan laut midai menggunakan KN. Sasikirana
Kepala kantor pencarian dan pertolongan SAR Natuna, Mexianus Bekabel menjelaskan, ” Pagi tadi kita mendapat informasi terkait keberadaan KM. Sumber Cahaya yang ditemukan di 21 mil belakang pulau Timau, karena mengalami kerusakan mesin, sementara ini kapal kayu kecamatan Midai KM. Fisabillilah sedang menuju lokasi untuk melakukan pertolongan awal evakuasi 5 orang ABK dan 9  ekor sapi selamat, sedang satu ekor sapi mati” terang  mexi.
Mexi mengungkapkan bahwa, seperti yang diberitakan bahwa, KM. Sumber Cahaya yang mengangkut 10 ekor sapi dari midai menuju Anambas hilang kontak semenjak tanggal 09/07/2020 lalu. Terhitung sudah 7 hari ini Tim SAR gabungan Natuna – Anambas melakukan pencarian baik di perairan laut midai sampai pada perairan laut Anambas, namun belum menemui hasil yang Maksimal.
Setiba dilokasi, tim SAR gabungan langsung melakukan pengecekan terhadap 5 orang ABK yang saat ini sedang di rawat di Puskesmas Midai.
Kapten KM. Sumber Cahaya Supardi, saat di wawancara awak media, menceritakan bahwa kapal mengalami rusak mesin pada tanggal 9/07/2020 lalu, dan sudah berada di perairan Anambas, namun karena terombang ambing, akhirnya  sampai di lokasi mereka ditemukan.
” Kami sempat berinisiatif untuk membuat layar untuk berlayar secara manual, namun memang kurang maksimal,” kata Supardi.
Sementara itu, camat Midai, Jaunal Apandi mengatakan bahwa, Subuh tadi pihaknya mendapat informasi dari nelayan midai bahwa KM. Sumber Cahaya telah ditemukan.
“Berbekal informasi tersebut, kami langsung segera melakukan evakuasi menggunakan kapal kayu milik kecamatan, KM. Fisabilillah untuk membawa KM. Sumber Cahaya ke arah pulau timau sekaligus mengevakuasi 5 orang ABK untuk kita bawa ke midai,” terang Jaunal.
Lanjut Jaunal mengatakan, “sedangkan untuk KM. Sumber Cahaya sendiri beserta 9 ekor sapi yang masi hidup ditarik menggunakan 3 pompong nelayan dari pulau timau menuju midai,” tutupnya. (Red)

 

Pos terkait