Gebraknews.co.id, Jakarta –  Sejumlah rumah sakit baru-baru ini kompak menghentikan pelayanan pasien BPJS Kesehatan. Peristiwa ini baru muncul ke permukaan sejak awal tahun 2019 ini, hal inipun santer menjadi pertanyaan bagi masyarakat dan Netizen, karna informasi penghentian kerjasama ini sudah beredar luas di media sosial.

Menanggapi pemutusan kerjasama sejumlah rumah sakit itu, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menghimbau kepada BPJS agar menyampaikan informasi data rumah sakit yang tidak lagi bekerjasama dengan BPJS kepada masyarakat.

” Terkait dengan pemutusan kontrak kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan sejumlah rumah sakit di beberapa daerah karena rumah sakit tersebut diantaranya belum memperbarui akreditasi dan belum memiliki izin operasional, Ketua DPR mendesak BPJS Kesehatan untuk memberikan informasi data rumah sakit yang tidak lagi bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga masyarakat dapat mencari rumah sakit alternatif untuk melakukan pengobatan, mengingat pemutusan kontrak kerja mengakibatkan rumah sakit tersebut sudah tidak lagi menerima pasien BPJS Kesehatan,” kata Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulisnya yang diterima Gebraknews, Jum’at (4/12/2018).

Bambang juga meminta Kementerian Kesehatan untuk aktif meminta rumah sakit yang masa akreditasinya sudah habis ataupun yang belum mempunyai izin operasi agar segera memproses atau mengurus syarat-syarat akreditasi dan izin operasional.
“Mengingat akreditasi dan izin beroperasi rumah sakit merupakan syarat wajib untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Penulis: Ifan