Sekda Wan Siswandi Himbau ASN, Ajak Masyarakat Tingkatkan Rasa Bela Negara

Natuna-(Gebranews)-Ratusan Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Natuna mengikuti mengikuti  bela negara di Gedung Sri Serindit Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (30/1/2020)

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi  terdapat tiga kata kunci dalam peranan ASN melayani masyarakat sebagai wujud pelaksanaan bela negara. Kata kuncinya adalah yang pertama ASN, kedua melayani masyarakat dan terakhir bela negara.

Bacaan Lainnya

Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, ASN berkewajiban ikut serta dalam bela negara, khususnya dengan keamanan serta keberlangsungan negara. “Jadi ASN itu selain menjalankan tugas pokok dan fungsinya juga perlu bela negara. Wujud bela negara sebagai ASN itu yakni melakukan tugas profesional, komitmen dan pengabdian yang tulus untuk negara,” kata Wan Siswandi.

Menurut Wan Siswandi, ASN itu merupakan profesi. Dan kewajiban bela negara sebagai salah satu pengabdian dalam profesi. “Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan bela negara menjadi sesuatu hal yang menjadi wajib bagi institusi untuk ketahanan negara,” ujar Wan Siswandi.

Atas dasar tersebut, pendidikan bela negara bagi ASN merupakan hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi. Pendidikan bela negara dipandang relevan dan strategis, di samping untuk pembinaan pertahanan negara juga berguna untuk meningkatkan pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta Tanah Air.

“Jadi, sudah sepatutnya kesadaran berbangsa dan bernegara yang dilandasi wawasan kebangsaan yang terus ditumbuhkembangkan kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata Wan Siswandi.

Pada dasarnya pendidikan bela negara ini menjadi penting, karena hal ini merupakan kebutuhan legal secara hukum. Khususnya merujuk pada pasal 30 UUD 1945, yang berbunyi setiap warga negara memiliki kewajiban bela negara.

Lanjut Wan Siswandi Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan bela negara menjadi sesuatu hal yang legal dan dipayungi konstitusi negara yang sangat kuat, Serta untuk kepentingan masa depan, khususnya dikaitkan dengan segala bentuk potensi ancaman dimasa mendatang.

“Atas dasar hal di atas, pendidikan bela negara bagi seluruh warga negara adalah hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi apalagi untuk para abdi negara seperti ASN,” sampainya

Lanjutnya dilingkungan pekerjaan, pembinaan kesadaran bela negara diberikan kepada para aparatur/Lembaga, Pemerintah Daerah dan Pegawai.

Dengan tujuan agar kesadaran bela negara dapat disosialisasikan dan di internalisasikan di lingkungannya masing-masing, sehingga nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari dalam organisasi kerja.

Hal ini dilakukan agar mampu meningkatkan rasa disiplin, meningkatkan moral, meningkatkan rasa Cinta Tanah Air dan selalu mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Sehingga perpecahan di dalam tubuh ASN dapat di hindari sehingga pelayanan terhadap publik akan terus terjaga dengan baik,” Wan Siswandi

Hadir dalam acara tersebut OPD dan para ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna. (Red)

 

Pos terkait