Seleksi Sekda Kepri, Aktivis: Pansel Wajib Netral dan Transparan

Gebraknews.co.id, Kepri – Panitia Seleksi (Pansel) telah mengumumkan hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi madya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Ada delapan nama yang lolos administrasi dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Harapanya terpilih Sekda Kepri yang amanah dan punya kualifikasi yang mumpuni.

Aktivis transparansi Kepri, Mahayuddin, berharap proses seleksi berjalan dengan lancar agar secepatnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri memiliki Sekda definitif sehingga roda pemerintahan berjalan dengan normal.

Bacaan Lainnya

“Tugas-tugas sekda bisa dijalankan dengan sepenuhnya dan hal itu membantu tugas gubernur serta perangkat daerah sehingga program-program pemprov berjalan dengan maksimal. Terkait seleksi, Pansel harus betul-betul menjalankan tugasnya untuk terpilih sosok Sekda Kepri yang kualifait, maka pansel wajib netral dan transparan,” harap Yudi, nama akrab Mahayuddin.

Yudi yang juga Sekwil LSM Lira Kepri itu, mengajak pihak Inspektorat Provinsi Kepri, Kepolisian dan kejaksanaan untuk aktif memantau proses seleksi yang dilakukan Pansel Sekda agar dikemudian hari tidak menimbulkan masalah baru dan terpilih Sekda Kepri yang bisa melaksanakan tugas dengan baik.

”Kita mengajak kepolisan dan kejaksaan untuk mengawasi prosesnya dan saya akan mengajukan permohonan informasi publik kepada Pansel jika proses seleksi bermasalah. Tapi kita harapkan semoga tak ada masalah,” ungkap Yudi

Ketua Pemuda Muhammadiyah Batam itu juga menginginkan tahapan seleksi dimumumkan ke publik melalui website Pemprov Kepri maupun melalui media cetak atau online agar masyarakat tahu tahapannya. Pansel bersikap koperatif dan terbuka kepada masyarakat terutama insan pers yang ingin mendapatkan informasinya.

”Tidak ada yang disembunyikkan dalam proses seleksi sekda. Semua tahapannya bersifat terbuka. Pansel harus bertanggungjawab atas kerjanya, karena itu menggunakan anggaran Negara,” tutup yudi.  (Red)

Pos terkait