Seminar dan Rakerda PDPM Batam Beri Spirit Baru Pemuda untuk Mengambil Peran

Gebraknews.co.id, Batam – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Batam menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Seminar dan Baitul Arqom yang berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu hingga Minggu (14-15 November 2020).

Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan peserta dan menghadirkan sejumlah tokoh daerah hingga Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu berlangsung semarak.

Bacaan Lainnya

Penjabat sementara (Pjs) Walikota Batam Syamsul Bahrum, PhD membuka langsung acara tersebut.

Pada kesempatan itu, dia memberikan banyak pesan kepada Pemuda Muhammadiyah.
“Pemuda hendaknya merancang program kedepan secara terstruktur, masa depan harus dirancang by desain, bukan by accidentt. Segala sesuatunya harus dirancang dan dipersiapkan sedari awal,” paparnya.

Syamsul membuka ruang bagi Pemuda untuk bertasipasi dalam berbagai bidang untuk kemajuan Kota Batam.
“Misalnya, bila ingin berpartisipasi di bidang lingkungan hidup dapat berdiskusi dengan Dinas Lingkungan Hidup, jika ingin berpartisipasi di bidang pendidikan dapat berdiskusi dengan Dinas Pendidikan, untuk kesehatan dengan Dinas Kesehatan, atau jika ingin berpartisipasi di bidang politik berdiskusi dengan Kesbangpol,” ucap Syamsul.

Syamsul juga berharap pemuda Muhammadiyah tidak ketinggalan oleh anak muda dari luar negeri yang serba maju baik dari segi pemikiran dan teknologi.

Dalam sambutnya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batam Drs. Nur Halim berharap pemuda dapat berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dan berperan dalam masyarakat.

Sementara itu Dr. Elviandri dari Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah memaparkan, dalam setiap generasi mulai dari zaman kenabian, pemuda berperan besar dalam membawa perubahan.

“Mulai dari zaman kenabian sampai era Nabi Muhammad dan sahabat hingga kini semua lini diisi oleh pemuda,” terangnya.

Untuk itu kata dia, pemuda harus mampu berkontribusi untuk pemerintah dan masyarakat. Elviandri menyebutkan sejumlah syarat untuk dapat berkontribusi.
“Syarat utamanya adalah beriman kepada Allah, selanjutnya adalah kompetisi diri, kita harus memiliki SDM yang bagus. Kemudian, pemuda hendaknya memiliki jaringan dan relasi. Pemuda itu harus menyuarakan kebenaran, memberi masukan kepada pemerintah. Namun harus paham dahulu dengan persoalan,” kata dia.

Tokoh muda asal Riau itu berpesan, yang paling penting adalah pemuda harus dapat membawa harmoni dalam berbangsa dan bernegara, menjembatani konflik di tengah masyarakat dan menjadi contoh suri tauladan.

Pembicara lainnya Safari Ramadan anggota DPRD Batam lebih menekankan Pemuda untuk ikut membangun Batam dan menegakkan agama Islam.
“Mulailah dari tempat yang kecil, dari lingkungan kita. Pemuda sejatinya adalah tokoh pembawa kemajuan dan pembaharuan,” kata Safari.

Pemuda menurut Safari juga harus berani memberi kritik. “Namun hendaknya kritik itu adalah kritik yang membangun dan memberi solusi,” jelasnya.

Imam Bachroni dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kepulauan Riau yang juga Direktur Infrastruktur Kawasan BP Batam turut sebagai pembicara dalam seminar tersebut.

Imam Bachroni dalam paparannya lebih menekankan agar pemuda bisa berperan menegakkan amar makruf nahi mungkar.
“Pengentasan kemiskinan, membantu orang kelaparan, juga membantu dalam bidang kesehatan termasuk dalam amar makruf nahi mungkar,” kata dia.

Pemuda kata Imam Bachroni harus kompak dan bekerjasama. Sehingga pekerjaan yang berat terasa ringan.
Dia juga menekankan agar pemuda Muhammadiyah dapat memberi contoh di dalam masyarakat dengan keteladanan.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Batam Tedy Nuh yang juga didapuk sebagai pembicara dalam semimar lebih menekankan agar pemuda dapat berperan dalam ekonomi.
“Mari ber wirausaha. Setidaknya jika belum memberi lapangan kerja untuk orang lain kita mampu untuk menciptakan lapangan kerja untuk diri kita sendiri. Jangan lupa juga saat pandemi ini untuk membiasakan memakai produk dalam negeri,” ujar Tedy.

Ketua PDPM Batam Mahayuddin mengucapakan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini.
“Terimakasih kepada semua pihak, mulai dari BP Batam, Pemko Batam, dari internal Muhammadiyah dan juga seluruh relasi yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Semoga dengan kegiatan ini muncul spirit baru bagi pemuda untuk berkontribusi membangun daerah,” ucapnya.

Pembicara hebat lainnya yang hadir dalam rangkaian acara tersebut diantaranya Surya Makmur Nasution politisi senior, Dr. Gafaruddin Ibrahim politisi senior, Syailandra Reza dari Bawaslu Batam, Arifudin Jalil tokoh Pemuda Muhammadiyah yang juga politisi dan Jogie Suaduon dari akademisi.

(Ifan)

Pos terkait