Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Asman Abnur Sambangi SMK Al-Azhar Batam

Gebraknews.co.id, Batam – Asman Abnur SE.,M.Si, anggota MPR RI / DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Provinsi Kepri terus mensoalisasikan 4 Pilar kebangsaan kepada generasi muda, khususnya kepada pelajar. Kali ini, Asman Abnur mensoalisasikan 4 pilar kebangsaan di sekolah SMK Al Azhar Batam.

“Nilai-nilai kebangsaan kita ditetapkan dalam 4 Pilar MPR RI. Yaitu, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI. Ke-4 Pilar ini harus dipahami pemahaman arti 4 pilar kepada siswa dan siswi supaya menjauhkan dari radikalisme di sekitar masyarakat dan di sekolah,” tuturnya saat memberi paparan di Aula Sekolah SMK Al Azhar Batam, Kota Batam, Selasa (26/11).

Muat Lebih

Menurut dia, tentang 4 pilar harus diperkenalkan dan terus disosialisasikan kepada siswa-siswi di sekolah. Pasalnya, di dalam 4 pilar mencakup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini guna menekan penyebaran paham radikalisme dan juga kekerasan antara lain memberikan pemahaman dan edukasi terkait nilai-nilai dan ideologi pancasila.

“Oleh masyarakat agar tidak terjadi penyimpangan pemahaman tentang kebangsaan dan kenegaraan, yang jika dipahami tidak sesuai dalam 4 pilar, kelak menimbulkan pada konflik sosial,” ujar mantan Menpan-RB itu.

Usai pemaparan, ia berinteraksi, Asman Abnur mencoba memberikan pertanyaan kepada para siswa, berdasarkan dari hal-hal yang sudah dipaparkan.

“Saya senang ketemu dengan adik- adik siswa. Saya bangga karena mereka ternyata tetap hapal Apa itu 4 Pilar. Kepada para Siswa-siswi, Siapa yang bisa menjawab dapat hadiah,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut dia, siswa-siswi juga hapal dengan pemahaman yang dari awal disampaikan begitupun pasal-pasal penting yang ada di dalam UUD 1945.

“Saya berharap melalui sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, generasi muda Indonesia tidak melupakan nilai-nilai luhur yang ada di dalam 4 Pilar Kebangsaan tersebut. Karena 4 Pilar Kebangsaan ini pada akhirnya adalah untuk memperdalam wawasan tentang berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Asman Abnur didampingi Kepala Sekolah SMK Al Azhar Batam, Afrinaldy, S. Kom,. MOS,. dan, Moh Tanzir SE.Msi.(rz)

Pos terkait