Tambah Infrastruktur Ketenagalistrikan, PLN Batam Komitmen Jaga Pasokan Listrik dan Pelayanan Handal

Gebraknews.co.id, Batam – bright PLN Batam sebagai pemasok utama tenaga listrik di wilayah Batam secara berkesinambungan tetap berusaha meningkatkan pelayanan dan berkomitmen menjadi penyedia tenaga listrik yang andal. Komitmen ini diwujudkan dalam peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Uncang dan peresmian Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban PT PLN Batam di Tancung Uncang pada Kamis, (16/1/2019).

Acara peresmian PLTGU dan Kantor Area Pelayanan ini dihadiri oleh segenap manajemen bright PLN Batam, dari Jajaran Komisaris, Jajaran Direksi, pejabat serta pegawai bright PLN Batam.

Bacaan Lainnya

PLTGU Tanjung Uncang berkapasitas 120 MW terdiri dari dua mesin gas turbine serta satu mesin steam turbine dilengkapi sistem pendinginan mesin menggunakan menara pendingin dengan sirkulasi air laut pada kolam air yang berkapasitas 40.000 m3. Berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Dengan beroperasinya PLTGU Tanjung Uncang kapasitas penyediaan listrik wilayah Batam semakin meningkat.

Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura mengatakan pembangungan pembangkit PLTGU dimulai sejak 30 April 2013. Namun akibat bebrapa kendala eksternal dan internal, pengeoperasian PLTGU Tanjung Uncang sedikit tertunda.

“Pada 15 November 2017 PLTGU Tanjung Uncang berhasil melakukan pengoperasian secara komersial atau Commercial Operation Date (COD) Simple Cycle yang kemudian dilanjutkan dengan COD Combine Cycle pada 12 Desember 2019 untuk memperkuat sistem ketenagalistrikan Batam,” ujar Dadan dalam sambutannya.

“PLTGU Tanjung Uncang dapat menghasilkan daya sebesar 120 – 125 MW memiliki peranan yang sangat penting dalam memasok 22% kebutuhan listrik di wilayah Batam yang saat ini beban puncak Batam-Bintan mencapai 450 MW”, tambah Dadan.

Dadan berharap, dengan beroperasinya PLTGU Tancung Uncang sistem kelistrikan di Batam semakin handal, cadangan daya semakin meningkat dan dapat menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP). “Kedepannya asset bright PLN Batam ini akan kita kelola dengan sistematis, terstruktur dan terukur sehingga dapat memenuhi target kinerja perusahaan dan pelayanan ke masyarakat menjadi lebih optimal.

Terkait persemian Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban, Dadan juga menjelaskan lokasi kantor yang sebelumnya beralamat di Komplek Tiban Lestari Blok A No.6 Tiban, Sekupang sekarang pindah ke Jalan R. E. Martadinata Sekupang.

“Secara kondisi, lokasi kantor tersebut kurang representative dalam menunjang operasional layanan mengingat lokasinya yang berada di dalam kawasan ruko yang cukup padat dan ramai. Hal ini menimbulkan potensi kantor pelayanan rawan dimasuki oleh pihak yang tidak berkepentingan, mengingat setiap orang bebas memasuki kawasan ruko”, tutup Dadan.

Peresmian PLTGU Tanjung Uncang 120 MW dan Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban merupakan bentuk wujud nyata dari percepatan program pemerintah Provinsi Kepri dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol sirene oleh Direktur Utama brightPLN Batam dan Komisaris Utama bright PLN Batam, sekaligus penandatanganan Prasasti. Acara peresmian tersebut ditutup dengan berfoto bersama.

(Ril)

Pos terkait