Tingkatkan Sinergitas, SAR Natuna Ajak Wartawan Ngopi Bareng

Natuna (Gebraknews)-Dalam Rangka Meningkatkan kemitraan dan silaturrahmi, Kepala Kantor SAR Natuna Mexianus Bekabel saat Coffee Morning bersama Wartawan di Coffiie Time, Ranai, Senin,( 24/8/ 2020).

Dalam suasana santai sambil menikmati secangkir kopi dan cemilan, pertemuan ini bertujuan meningkatkan kerja sama serta sinergitas antara SAR  dengan insan pers yang ada di Bumi laut Sakti Rantau bertuah..

Bacaan Lainnya

“Dengan hadir di sini, mari kita jalin sinergitas dengan baik. Wartawan itu adalah mitranya kita (SAR), karena wartawan dan SAR khususnya kami dikantor SAR Natuna saling membutuhkan,” ujar Mexi

Mexi menambahkan, tanpa adanya dukungan dari rekan-rekan wartawan, SAR tidak akan optimal dalam melaksanakan tugas.

“Tanpa adanya dukungan dari wartawan, kegiatan SAR Natuna tentunya tidak bakal diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga dengan adanya sinergitas mari kita bersama ikut mengawal pembangunan di Bumi Laut Sakti Rantau bertuah.

Dia berharap dengan acara kumpul bersama ini, hubungan dengan rekan-rekan wartawan makin erat.

“Dengan seperti ini, jalinan  SAR Natuna dan wartawan akan semakin baik,” pungkas Mexi.

Dalam kesempatan itu, Mexi juga mejelaskan  bahwa Kakansar Natuna juga telah merencanakan penambahan pos unit siaga sar di Pulau Midai, dan pulau Serasan dalam usulan tahun 2020, untuk tahun 2021

“Sesuai usulan tahun 2019 ada tiga personil dari Kantor SAR Natuna yang akan menempati di sana,” kata Mexianus.

Mexianus menuturkan, pihaknya juga akan menyiapkan beberapa perlengkapan pertolongan untuk personilnya seperti perahu karet lengkap dengan mesin 40 PK. “Kita disini peralatan terbatas,” ujar Mexianus.

Mexianus menambahkan, ketika terjadi kecelakaan personil SAR bisa secepatnya berkoordinasi dengan Pos AL, pemerintah daerah, potensi SAR serta  Kantor SAR Natuna dapat mengerakan kapal SAR Sasikirana  untuk menuju titik lokasi kecelakaan.

Ia menyampaikan, bahwa SAR Natuna juga keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Kata Mexianus, jumlah personil di Kantor SAR Natuna ada 16 anggota rescue.

“1 Orang BSG di Jakarta, 4 orang reacuer di pos SAR Anambas, dan sisanya di Kantor SAR Natuna” beber Mexianus.

Selain itu, Mexianus juga berkeinginan setiap pulau-pulau di Kabupaten Natuna mempunyai Pos Unit Siaga SAR, dwngan alasan karena jauh dan terpisah oleh lautan, sehingga  terjadi kecelakaan Basarnas bisa cepat menuju titik lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan.

“Ini langkah Kantor SAR untuk mengurangi angka kecelakaan di laut ketika musim utara dan gelombang tinggi,” tuturnya. (Red)

 

Pos terkait