Tutup Latsar, Bupati Natuna Hamid Rizal Ingatkan CPNS Tingkatkan Kompetensi

Natuna (Gebraknews)-Bupati Natuna,Drs H Abdul Hamid Rizal, menegaskan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebagai pelaksana kebijakan publik dan pelayan publik haruslah senantiasa memiliki kompetensi mumpuni, sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan optimal dan sempurna.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Natuna Erwita Yuda

Hal ini disampaikan Hamid Rizal dalam arahannya saat menutup acara pelatihan dasar (Latsar) yang diikuti 46 CPNS terdiri dari golongan II dan III Pemkan Natuna, di Gedung Sri Serindit Kelurahan Batu Hitam, Jumat (29/11-2019).

Bacaan Lainnya

Pelatihan dasar ini merupakan proses wajib yang harus diikuti para calon Pegawai Negeri Sipil. Tujuannya memotivasi dan membangun diri agar lebih disiplin dalam pelayanan.

“Pertama saya ingin mengucapkan selamat karena sudah mengakhiri rangkaian Latsar CPNS 2019 ini. Saya berharap, saudara-saudara dapat menerapkan yang sudah diajarkan selama Latsar berlangsung. Saya ingatkan untuk selalu meningkatkan kompetensi termasuk menanamkan nilai-nilai dasar seperti akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi,” kata Hamid Rizal.

Hamid Rizal mengimbau para CPNS menanamkan semangat pengabdian, menunaikan tugas bakti penuh rasa tulus dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat secara profesional, akuntabel, transparan dan tepat waktu.

“Mari kita kuatkan komitmen dan semangat pengabdian kita dalam mendedikasikan diri guna mewujudkan pembangunan di bumi laut Sakti Rantau Bertuah, ‘’ujar Hamid Riza.

Hamid Rizal berpesan kepada para CPNS yang akan kembali ke tempat tugas masing-masing untuk membawa sebuah perubahan cara pandang, perubahan sikap dan perubahan perilaku sebagai seorang calon pegawai negeri sipil yang memiliki integritas, profesional, netra dan bersih dari praktik KKN.

“Jangan kendor semangatnya, tetap rajin dan disiplin melaksanakan tugas,” pesan Hamid Rizal.

Hamid Rizal menambahkan, saat ini CPNS sudah merasa nyaman, mengikuti pelatihan di daerah, karena daerah sudah bisa mengusulkan atau menentukan tugas PNS itu sendiri.

“Kalo dulu saya menjadi PNS, yang menentukan letak tempat kita bertugas adalah Provinsi. Sekarang ini sudah enak, tes CPNS di Natuna dan sudah tentu bertugas disini juga”.

Ia tegaskan, Kabupaten Natuna memiliki 15 kecamatan. Maka ia berharap jika lulus, harus siap di tugaskan di salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Natuna.

“Jangan nanti minta di tugaskan di kota Ranai dengan banyak alasan, sesuai sumpah dan janji PNS harus siap ditugaskan dimana saja apalagi dapat memajukan daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Natuna Erwita Yuda, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian kegiatan rekrutmen CPNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2019.

“Mereka berjumlah 46 orang peserta, 40 orang peserta berasal dari angkatan ke IV, sedangkan yang berasal dari angkatan I, II, dan III masing masing dua orang peserta”, katanya.

Seluruh CPNS yang mengikuti kegiatan penutupan ini, akan bertugas di tiga bidang. Pertama sebagai guru sebayak 18 orang, sebagai pegawai teknis sebayak dua orang dan sebagi tenaga kesehatan sebayk 20 orang

Penutupan Latsar CPNS golongan II dan III ini turut dihadiri  FKPD dan para kepala OPD di Lingkungan Pemkab Natuna. (RED)

 

Pos terkait