Warga Kecamatan Seluan Keluhkan Susah Jaringan Internet, Bupati Katakan Segera Dibangun

Bupati Natuna, Wan Siswandi, Anggota Komisi III DPRD Kepri Yudi Kurnain dan Lis Darmansyah

NATUNA ( Gebraknews).Masyarakat Kecamatan Seluan Kabupaten  Natuna. Berharap kepada Pemerintahan pusat dan daerah untuk membangun jaringan telekomonikasi .  Baik itu Telkomsel maupun jaringan lainya .

Riduan, salah seorang tokoh muda Seluan, ketiaka dihubungi via telpon, Senin, (7/6/2021). ‘’Mengharapkan kepada pemerintahan. Baik itu pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah Natuna, untuk membagun sarana jaringan telekomonikasi, ‘’harapannya.

Bacaan Lainnya

Sebagai sebuah kecamatan baru yang keberadaanya berada pada gugusan pulau. Kecamatan Seluan, Kecamatan pekaran dari Kecamatan Bunguran Utara beberapa bulan lalu berdasarkan paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna dimasa pengunjung  jabatan Bupati Natuna, Drs H Hamid Rizal dan Wakil Bupati Ngesti Yuni Suprapti.

-Kadis-Kominfo-Natuna-raja-darmika

Riduan, yang juga bekerja sebagai staf desa ini juga menceritakan, untuk jaringan telekomunikasi di Pulau Seluan saat ini kami masyarakat Seluan hanya memakai tower bantu BTS dariKominfo, yang mana . Jaringanya  hanya bisa di pakai untuk via telfon dan SMS saja. Sedangkan untuk Whatsapp, internetan dan lain sebagainya kami Masyarakat Pulau Seluan masih menumpang jaringan Telkomsel dari Tower yang  ada di Kelarik, itu pun harus mencari jaringannya di daerah Pantai dan Pelabuhan. Sedangkan untuk masyarakat yang berada pada daerah perkampungan,yang juga padat penduduknya, tidak  bisa dijangkau oleh jaringan dari tower yang ada di Kelarik tersebut.

“maka dengan  ini saya atas nama Pemerintah Desa dan sekaligus mewakili Masyarakat Pulau Seluan sangat mengharapkan adanya Tower  yang berkapasitas besar,  seperti  tower Telkomsel dan sebagainya di bangun didaerah kami, mengingat saat ini sistem kerja kita yang g terkadang harus  online dan juga sistem belajar siswa sekolah pun, terkadang harus mencari lewat internet,maka dari  itu saya kira perlu mendapat perhatian dari  Pemerintah tentang hal ini” .jelas Riduan.

Kepala dinas Kominfo Natuna Raja Darmika, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, mengatakan. Untuk pembagunan jarigan internet di kecamatan Seluan telah dilakukan pengusulan ke kemenkominfo pusat.

” Kita sudah usulkan Namun keputusan belum ada apakah jadi atau tidak. Mengenai kapasitas juga belum jelas apakah pakai radio link atau satelit”. Ujar Raja Darmika.

Bupati Natuna Wan Siswadi mengakui, saat ini kawasan Kepulauan Natuna masih ada yang belum ada akses jaringan iternet. Namun, dia optimistis ketertinggalan itu akan berakhir pada 2022. Wan Siswandi menambahkan,  beberapa pulau dan desa yang terdapat di daerahnya belum bisa mengakses internet.

Tower Dikecamatan Seluan yang Kurang Maksimal

Padahal, lokasi pulau-pulau itu sangat strategis karena berada di kawasan perbatasan dengan negara jiran Malaysia dan Beberapa negara lain. “Kami harapkan jaringan internet dapat diakses di Pulau-pulau terluar yang ada di Kabupaten Natuna  agar dapat ditata menjadi tujuan objek wisata yang menarik.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepri Yudi Kurnain mendorong Pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi secara merata, khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) guna tercapai digitalisasi menyeluruh di Kepri Khususnya Natuna yang daerahnya 99 persen laut. Menurutnya, digitalisasi merupakan keniscayaan, karena masih banyak masyarakat yang belum tersentuh akses internet, bahkan layanan telekomunikasi.

“Kita mendukung penuh bahwa Pemerintah Provinsi ingin memfokuskan pembangunan jaringan telekomunikasi di daerah 3T., ‘’kata Yudi

Politisi PAN itu memastikan, pihaknya akan memberi dukungan politik kepada Pemprov Kepri. Namun, ia juga ingin melihat bahwa setiap kebijakan Pemprov Kepri terasa oleh publik atau masyarakat.

“Terutama yang ada di pelosok-pelosok desa. Kita tahu bahwa ada program peningkatan anggaran terkait pelaksanaan program ini. Tentu kita dukung dan kita menunggu Pemprov Kepri melaksanakan programnya dengan baik, agar aspirasi dari masyarakat di desa untuk akses kepada sinyal bisa terpenuhi,” tutur Yudii.

Sisi lain, koneksi internet juga telah menjadi kebutuhan dasar terutama di masa pandemi saat ini. Mengingat, hampir seluruh aktivitas beralih menggunakan sistem daring. Bahkan, Pemerintah pun sedang menggalakkan budaya literasi digital. Mantan Anggota DPRD Kota Batam itu juga mengajak provider telekomunikasi yang mendapatkan profit selama pandemi Covid-s19 bisa berkontribusi lebih kepada daerah dengan ikut membangun maupun memperluas jaringan telekomunikasi di daerah pulau terluar ini. (Red)

 

 

 

 

 

Pos terkait